Hubungan Pengetahuan Dan Kepatuhan Lansia Dalam Upaya Pengontrolan Kadar Kolesterol Di Puskesmas Warkuk Ranau Selatan Kabupaten Oku Selatan Tahun 2022

  •  Apria Wilinda Sumantri STIKES Al-Ma'arif
Keywords: pengetahuna;, kepatuhan;, kadarkolesterol

Abstract

Kolestrol adalah substansi kristal bersifat lemak yang ditemukan dalam otak, saraf, hati, darah, empedu, dan membran plasma. Kolestrol tidak mudah larut dan dapat kristalisasi di dala kantung empedu serta disepanajang dinding arteri.(Shanty, 2011). Kepatuhan diet kolestrol sangat berperan penting dalam penurunan kadar kolesterol.Secara umum tujuan penelitian adalah diketahuinya hubungan pengetahuan dan kepatuhan lansia dalam upaya pengontrolan kadar kolesterol di Puskesmas  Warkuk Ranau Selatan Kabupaten OKU Selatan tahun 2021.Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional dan jumlah sampel 50 orang. Variabel – variabel yang di teliti disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan di uji dengan analisis univariat dan bivariat, yaitu dengan menggunakan instrumen kuesioner data demografi, kuisioner tingkat pengetahuan dan kuisioner kepatuhan lansia dan pengukuran kadar Kolestrol. Hasil penelitian di simpulkan bahwa dari dari 50 responden lansia yang memiliki kadar kolestrol normal dengan tingkat pengetahuan baik 29 (93,5%) lansia dan lansia yang memiliki kadar kolestrol normal dengan tingkat pengetahuan kurang baik 2 (6,5%) lansia sedangkan lansia yang memiliki kadar kolestrol tinggi dengan tingkat pengetahuan baik 4 (21,51%) lansia dan lansia yang memiliki kadar kolestrol tinggi dengan tingkat pengetahuan kurang baik 15 (78,9%) lansia.Hasil uji chi square di dapatkan p Value 0,000 artinya terdapat hubungan yang bermakna antara kenaikan kadar kolestrol dengan  tingkat pengetahuan di Puskesmas Warkuk Ranau Selatan Kabupaten OKU Selatan Tahun 2021.Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan pengetahuan dan kepatuhan lansia dalam upaya pengontrolan kadar kolesterol di Puskesmas  Warkuk Ranau Selatan Kabupaten OKU Selatan tahun 2021.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (eds revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, K. C. C., Prapti, N. K. G., & Saputra, I. K. (2016). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kepatuhan Penatalaksanaan Diet Lansia Dengan Hipertensi Di Lingkungan Kelurahan Tonja. Jurnal Keperawatan Community of Publishing in Nursing (COPING) NERS, Edisi Janu(ISSN: 2303-1298).

Dharma, Kelana, K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta Timur: Trans Info Media.

garnadi, y. (2012). hidup nyaman dengan hiperkolestrol. jakarta: agromedia pustaka.

Hidayat, A. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Lestari, A., Handini, M. C., & Sinaga, T. R. (2018). Faktor Risiko Kejadian Dislipidemia Pada Lansia (Studi Kasus Kontrol Pada Lansia di Poli Lansia RSUD. Bangkinang Kabupaten Kampar Tahun 2016 – 2017). Jurnal Riset Hesti Medan,Vol. 3, No.


Notoatmodjo, S. (2012). Kesehatn Masyarakat Ilmu dan Seni. jakarta: Rineka cipta.

Putri, A.M. 2016. Hubungan Kepatuhan Diet Dengan Kadar Kolesterol Darah Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner Di RSUP Dr.M.Djamil Padang Tahun 2016. Skripsi. Prodi S1 Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.

Ramdhani, H. E., Sanubari, D. T., & Jhonet, A. (2016). Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Motivasi Terhadap Kepatuhan Mengontrol Kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) Pada Pasien Pasca Stroke Non Hemorragik Di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2016. JURNAL MEDIKA MALAHAYATI, Vol 3, No .

Saidin, M. (2000). Kandungan Kolestrol Dalam Berbagai Bahan Makana Hewani. Bul.Penelit.Kesehat.27 (2) 1999/2000, 225-227.

Shanty, M. (2011). "Silent Killer Diseases" (Penyakit Yang Diam - Diam Mematikan). Jogjakarta: Javalitera.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: ALF.

Sulviana, N. 2008. Analisis Hubungan Gaya Hidup dan Pola Makan dengan Kadar Lipid Darah dan Tekanan Darah pada Penderita Jantung Koroner.Skripsi. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Yani, Dewi R. 2016. Perbedaan Kadar Kolesterol Menggunakan Metode Direk Dan Formula Friedwald (Pada Penderita Dislipidemia). Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan. Analisis Kesehatan. Universitas Muhammadiyah
Published
2023-03-31
How to Cite
Sumantri, A. (2023). Hubungan Pengetahuan Dan Kepatuhan Lansia Dalam Upaya Pengontrolan Kadar Kolesterol Di Puskesmas Warkuk Ranau Selatan Kabupaten Oku Selatan Tahun 2022. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 12(1), 47-55. https://doi.org/10.55045/jkab.v12i1.161