HUBUNGAN MINAT DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN SEMESTER II DI AKBID PRIMA HUSADA BOGOR TAHUN 2016
Abstract
Penelitian dilakukan berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Akbid Prima Husada Bogor tahun 2017 didapatkan banyak prestasi belajar mahasiswa DIII kebidanan semester II yang rendah (IP < 2,75).Tujuan penelitian ini untuk diketahuinya hubungan minat dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar mahasiswa DIII kebidanan semester II di Akbid Prima Husada Bogor tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Akbid Prima Husada Bogor yaitu sebanyak 158 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 63 mahasiswa. Metode pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dan menggunakan rumus lemeshow. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara minat dengan prestasi belajar dengan nilai P Value= 0,002 (P<0,05) dan ada hubungan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar dengan nilai P Value = 0,002 (P<0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hubungan yang signifikan antara minat dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. Diharapkan bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan desain penelitian yang berbeda agar mendapatkan temuan penelitian yang berbeda.
References
DAFTAR PUSTAKA
UU RI, 2012. Undang-undang Republik Indonesia no.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Kirnantoro. 2008. Jurusan Kebidanan Masih Menjadi Favorit. Yogyakarta: Wordpress.com
Firdaus. 2011. Jurusan Kebidanan Mendominasi. Medan: Tribunnews.com
Universitas Padjajaran. 2013. Hubungan Antara Cara Belajar, Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kehamilan I dengan Kemampuan Antenatal Care Mahasiswa Tingkat II Akkes Swakarsa Tahun 2012/2013. Bandung: Universitas Padjajaran.
Riana, Irawan. 2016. Hubungan Motivasi, Kebiasaan Belajar, dan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Neonatus pada Mahasiswi Semester III di Jurusan Kebidanan Poltekes Kemenkes Jakarta III.
Tri Anni. Chatarina. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Dalyono. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Bahri, Syaiful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Cholidah Khusnul Chotimah. 2015. Hubungan Motivasi dan Minat Masuk Program Studi DIII Kebidanan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa STIKes Icsada Bojonegoro.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Desi, Mulyani. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Istiqomah. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dan Set Praktikum Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Arus Bolak-Balik.
Akbid Prima Husada. Data Akademik Nilai Tingkat I Semester II Tahun 2014-2016. Bogor
Moh. Surya. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Qraisy
Azwar. 2009. Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Sugihartono. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suwarno. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: AR-ruzz Media
Setiyono. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akutansi XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri.
Uno, H.B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Trisunarsih. 2009.
Notoadmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Medika
Hidayat. A.A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika
Djamara, SB. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta
Sugiyanti. 2009. Hubungan antara Disiplin Belajar, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Sukoharjo. Universitas Sebelas Maret
Handayani. 2008. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Minat dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah KDM I pada Mahasiswa Semeseter I Akper Giri Satria Husada Wonogiri.
Agus widyatmo. 2010. Hubungan Minat dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Anatomi Fisiologi pada Mahasiswa DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Notodmodjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Medika
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfa Beta
Hidayat. A.Aziz Alimul. 2012. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika
Ridwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta