HUBUNGAN MINAT DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN SEMESTER II DI AKBID PRIMA HUSADA BOGOR TAHUN 2016

  •  Rani Purwani STIKES Abdurahman Palembang
  •  Marchatus Soleha STIKES Abdurahman Palembang
  •  Wika Sepiwiryanti STIKES Abdurahman Palembang
Keywords: Kata Kunci : Minat, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar.

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Akbid Prima Husada Bogor tahun 2017 didapatkan banyak prestasi belajar mahasiswa DIII kebidanan semester II yang rendah (IP < 2,75).Tujuan penelitian ini untuk diketahuinya hubungan minat dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar mahasiswa DIII kebidanan semester II di Akbid Prima Husada Bogor tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan  cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Akbid Prima Husada Bogor yaitu sebanyak 158 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 63 mahasiswa. Metode pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dan menggunakan rumus lemeshow. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara minat dengan prestasi belajar dengan nilai P Value=  0,002 (P<0,05) dan ada hubungan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar dengan nilai P Value =  0,002 (P<0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hubungan yang signifikan antara minat dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. Diharapkan bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan desain penelitian yang berbeda agar mendapatkan temuan penelitian yang berbeda.

References

DAFTAR PUSTAKA

UU RI, 2012. Undang-undang Republik Indonesia no.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Kirnantoro. 2008. Jurusan Kebidanan Masih Menjadi Favorit. Yogyakarta: Wordpress.com

Firdaus. 2011. Jurusan Kebidanan Mendominasi. Medan: Tribunnews.com

Universitas Padjajaran. 2013. Hubungan Antara Cara Belajar, Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kehamilan I dengan Kemampuan Antenatal Care Mahasiswa Tingkat II Akkes Swakarsa Tahun 2012/2013. Bandung: Universitas Padjajaran.

Riana, Irawan. 2016. Hubungan Motivasi, Kebiasaan Belajar, dan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Neonatus pada Mahasiswi Semester III di Jurusan Kebidanan Poltekes Kemenkes Jakarta III.

Tri Anni. Chatarina. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Dalyono. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Bahri, Syaiful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Cholidah Khusnul Chotimah. 2015. Hubungan Motivasi dan Minat Masuk Program Studi DIII Kebidanan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa STIKes Icsada Bojonegoro.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Desi, Mulyani. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Istiqomah. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dan Set Praktikum Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Arus Bolak-Balik.

Akbid Prima Husada. Data Akademik Nilai Tingkat I Semester II Tahun 2014-2016. Bogor

Moh. Surya. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Qraisy

Azwar. 2009. Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Sugihartono. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suwarno. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: AR-ruzz Media

Setiyono. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akutansi XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri.

Uno, H.B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Trisunarsih. 2009.

Notoadmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Medika

Hidayat. A.A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika

Djamara, SB. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta

Sugiyanti. 2009. Hubungan antara Disiplin Belajar, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Sukoharjo. Universitas Sebelas Maret

Handayani. 2008. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Minat dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah KDM I pada Mahasiswa Semeseter I Akper Giri Satria Husada Wonogiri.

Agus widyatmo. 2010. Hubungan Minat dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Anatomi Fisiologi pada Mahasiswa DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Notodmodjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Medika

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfa Beta

Hidayat. A.Aziz Alimul. 2012. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika

Ridwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta

Published
2023-03-31
How to Cite
Purwani, R., Soleha, M., & Sepiwiryanti, W. (2023). HUBUNGAN MINAT DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN SEMESTER II DI AKBID PRIMA HUSADA BOGOR TAHUN 2016. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 12(1), 24-29. https://doi.org/10.55045/jkab.v12i1.160