UJI EFEKTIVITAS DAUN YODIUM (JATROPHA MULTIFIDA L) UNTUK PENGOBATAN LUKA SAYAT PADA MENCIT (MUS MUSCULUS)

  •  Sri Hidayati STIKES Abdurahman Palembang
  •  Syamsul Bahri STIKES Abdurahman Palembang
Keywords: Daun yodium, penyembuhan luka, mencit, obat herbal

Abstract

salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional adalah pohon yodium (jatropha multifida L), terdapat berbagai macam kegunaan pohon yodium (jatropha multifida L) dalam kehidupan sehari-hari diantaranya getah pada pohonnya bisa digunakan untuk mengobati luka baru dan bengkak dengan cara oleskan getah batang dan daun pada luka baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian ekstrak daun yodium (Jatropha multifida L.) Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan menggunakan 26 ekor mencit sebagai hewan uji yang di bagi 4 kelompok yaitu 2 kelompok perlakuan ( ekstrak daun yodium segar konsentrasi 25%, 50%, 75%, 100% dan daun yodium kering konsentrasi 25%, 50%, 75%, 100%) dan 2 kelompok kontrol (kontrol positif menggunakan Povidon Iodine 10% dan kontrol negatif menggunakan aquadest). Semua mencit di lukai punggungnya sepanjang 2 cm dan kedalaman 0,3 cm. Luka diolesi dua kali sehari dengan ekstrak daun yodium segar, daun yodium kering, Povidon Iodine10% dan kontrol negatif aquadest. Pengamatan luka dilakukan setiap hari (hari ke 0 sampai ke 14). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara kelompok perlakuan (ekstrak daun yodium segar dan kering, konsentrasi 25%, 50%,75%, 100%) dan kelompok kontrol, dimana kelompok perlakuan ekstrak daun yodium kering lebih cepat menyembuhkan luka di bandingkan kelompok kontrol.

References

Dwiyana Z,. Nurhaedar. 2011. Mikroobiologi Dasar. Makassar: Universitas Hasanuddin

Hermawan A, Suharyani I, Kautsar RMN. Uji efektifitas pohon yodium (Jatropha multifida L.) terhadap luka pada mencit (mus musculus). Jurnal Farmako 2016; 1(2): 1-9.

Ivan., Sunarjati Sudigdoadi., dan Achmad Hussein S. Kartamihardja. 2019. Antibacterial Effect of Jatropha multifida L. Leaf Infusion towards Staphylococcus aureus and Pseudomonas aeruginosa. Althea Medical Journal. Vol: 6. No: 2.

Lestari, P. B, dan Hartati, T. W. 2017. Mikrobiologi Berbasi Inkuiry. Cet. 1. Malang: Penerbit Gunung Samudera.

Syarfati, K. Eriani dan A. Damhoeri. 2011. The Potential of Jarak Cina (Jatropha multifida L.) Secretion in Healing New-Wounded Mice. Jurnal Natural. Vol: 11. No: 1
Published
2023-02-25
How to Cite
Hidayati, S., & Bahri, S. (2023). UJI EFEKTIVITAS DAUN YODIUM (JATROPHA MULTIFIDA L) UNTUK PENGOBATAN LUKA SAYAT PADA MENCIT (MUS MUSCULUS). JURNAL FARMASI ABDURAHMAN, 1(1), 1-5. Retrieved from https://ejournal.stikesabdurahman.ac.id/index.php/JFA/article/view/170