UJI EFEKTIFITAS EKSTRAK DAUN PEGAGAN (Centella asiatica L. Urb.) SEBAGAI ANTIDEPRESI TERHADAP MENCIT JANTAN

  •  Sri Hidayati STIKES Abdurahman Palembang
  •  Geri Febriyanto STIKES Abdurahman Palembang
Keywords: ekstrak daun pegagan, antidepresi, mencit jantan

Abstract

Depresi merupakan masalah kesehatan masyarakat yang cukup serius. Tumbuhan pegagan merupakan ternak liar dan berasal dari Asia. Pegagan tumbuh di tanah yang agak lembab dan cukup mendapat sinar matahari, seperti di padang rumput, pinggir selokan, sawah, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji efektifitas ekstrak daun pegagan (Centella asiatica L. Urb.) terhadap efek antidepresan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang meneliti ekstrak tanaman pegagan (Centella asiatica L. Urb.) sebagai antidepresan. Populasi dalam penelitian ini menggunakan daun pegagan (centella asiatica L Urb). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pegagan berdasarkan usia dan kondisi daun dapat berpengaruh memberikan efek antidepresi pada mencit jantan dengan variasi konsentrasi yang berbeda yaitu 4%, 8% dan 16%, dan ekstrak daun pegagan (Centella asiatica (L.) Urban) dengan berbagai variasi konsentrasi berbeda dapat berpengaruh memberikan efek antidepresi pada mencit jantan, semakin besar konsentrasi yang digunakan, maka semakin besar tingkat keefektifitasannya sebagai antidepresi.

References

Amir, Taufiq. 2015. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Pranadamedia Grup.

Departemen Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia 2015. Jakarta: Departemen. Kesehatan RI.

Guyton, A. C., & Hall, J. E. (2010). Buku Saku Fisiologi kedokteran. (H. Muttaqin, N. Yesdelita, Eds., & B. U. Pendit, Trans.). Jakarta: EGC.

Mongi, R. 2019. Uji Aktivitas Penurunan Kadar Gula Darah Ekstrak Etanol Daun Pinang Yaki (Areca vestiaria) terhadap Tikus Putih Jantan Galur Wistar (Rattus norvegicus) yang diinduksi Aloksan. PHARMACON Jurnal Ilmiah Farmasi-UNSRAT. 8(3):34-41.

Rosmiati, K dan Alexius, L. 2017. Uji Efektivitas Antidiabetes Ekstrak Etanol Daun Ungu (Graptophyllum pictum) terhadap Mencit Putih Jantan (Mus musculus). Jurnal Sains dan Teknologi Laboratorium Medik. 2(1): 8-13.

Yasurin, P., Sriariyanun, M., dan Phusantisampan, T. 2016. Review: The Bioavaibility Activity of centella asiatica. KMUTNB Int J. Appl Sci Technol. 9(1):1-9.
Published
2023-08-30
How to Cite
Hidayati, S., & Febriyanto, G. (2023). UJI EFEKTIFITAS EKSTRAK DAUN PEGAGAN (Centella asiatica L. Urb.) SEBAGAI ANTIDEPRESI TERHADAP MENCIT JANTAN. JURNAL FARMASI ABDURAHMAN, 1(2), 13-17. Retrieved from https://ejournal.stikesabdurahman.ac.id/index.php/JFA/article/view/187