UJI AKTIVITAS ANTI BAKTERI DARI EKSTRAK ETANOL DAUN MANGGA (Mangifera indica L) TERHADAP BAKTERI (Escherichia coli)

  •  Yulia Yulia STIKES Abdurahman Palembang
  •  Riza Riza STIKES Abdurahman Palembang
Keywords: antibakteri, ekstrak etanol daun mangga, bakteri escherichia collie

Abstract

Tumbuhan mangga (Mangifera indica L) tergolong kelompok buah berdaging dengan bentuk, ukuran, warna, serta cita rasa yang beranekaragam.  Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui umur, kondisi, dan konsentrasi daya hambay ekstrak etanol daun mangga (Mangifera Indica L). JENIS Penelitian ini bersifat eksperimental yang dilakukan di Laboratorium dengan mengukur diameter daya hambay (zona bening) dengan menggunakan metode agar. Sampel penelitian adalah daun mangga (Mangifera Indica L) yang berada di Kota Palembang. Hasil uji aktivitas antibakteri dari ekstrak etanol daun mangga  (Mangifera Indica L) terhadap bakteri Escherichia Collie dengan berdasarkan umur, kondisi, dan konsentrasi adanya daya hambat antibakteri. Pada kontrol positif contrimoxazole menunjukkan adanya daya hambat (terbentuknya zona bening). Daun yang digunakan setengah tua dengan kondisi daun kering. Konsentrasi yang digunakan 25%, 50%, dan 75%. Konsentrasi 25% daya hambat 10,4 mm, kategori kuat, konsentrasi 50% daya hambat 12,9 mm kategori sangat kuat, dan konsentrasi 75% daya hambat 13,5 mm kategori sangat kuat, maka konsentrasi yang besar memiliki daya hambat yang sangat kuat dibandingkan konsentrasi kecil. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol daun mangga (Mangifera Indica L) mempunyai daya hambat yang sangat kuat terhadap pertumbuhan bakteri escherichia collie.

References

Furnawanthi. 2012. Manfaat Daun Mangga Bacang Untuk Antioksidan.

Lindawati.N.Y.2014. Uji daya hambat daun mangga terhadap bakteri Escherichia coli. Akademi farmasi nasional. Surakarta.

Lucia. 2015. Analisis kandungan klorofil daun mangga (Mangifera Indica L) pada tingkat perkembangan daun yang berbeda. Jakarta: Grando Persada.

Mulangsri, D. A. K., dan Zulfa, E. 2020. Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Terpurifikasi Daun Mangga Arumanis (Mangifera indica L.) dan Identifikasi Flavonoid Dengan KLT. Jurnal Farmasi Galenika: Galenika Journal of Pharmacy (e-Journal). 6. 1. 55-62.

Ningsih, D.R., 2017. Ekstrak Daun Mangga (Mangifera Indica L.) Sebagai Antijamur Terhadap Jamur Candida albicans dan Identifikasi Golongan Senyawanya. Jurnal Kimia Riset 2(1), 61–68

Setyaningsih at al 2015, Uji daya hambat buah manggis (Garchinia mangostana L) terhadap bakteri Salmonella typhi. Jurnal Universitas Indonesia.
Published
2023-02-25
How to Cite
Yulia, Y., & Riza, R. (2023). UJI AKTIVITAS ANTI BAKTERI DARI EKSTRAK ETANOL DAUN MANGGA (Mangifera indica L) TERHADAP BAKTERI (Escherichia coli). JURNAL FARMASI ABDURAHMAN, 1(1), 11-15. Retrieved from https://ejournal.stikesabdurahman.ac.id/index.php/JFA/article/view/172