MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 2 - 5 TAHUN

  •  Popy Apriyanti STIKES Abdurahman Palembang
  •  Bramtama Sukma Mulya STIKES Abdurahman Palembang
Keywords: Keterampilan Motorik Halus, Teknik Mozaik, Meronce, Anak Usia 2-5 Tahun

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan motorik halus anak yang masih rendah, sehingga hasil belajar anak juga rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh keterampilan motorik halus menggunakan teknik mozaik dan meronce pada anak usia 2-5 tahun. Pada survei awal hampir sebagian anak mengalami perkembangan motorik halus, penelitian ini menggunakan one-group pra-post test design dengan pendekatan one-group pre-test and post-test design. Populasi adalah hampir seluruh anak yang berada dilingkungan tersebut sebanyak 49 anak pada bulan Maret sampai April 2021 dan besar sample sebanyak 44 anak dengan teknik simple rendom sampling. Untuk memastikan keterbacaan tulis tangan penilainan menganjurkan anak untuk melakukan keterampilan seperti menggunting, menempel, dan memasukan potongan sedotan ke dalam benang, untuk mengukur keterampian motorik halus dan ketangkasan manual. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kolerasi yang tinggi pada keterampilan motorik halus, hasil penelitian mengungkapkan bahwa keakuratan bermain teknik mozaik dan meronce dan tangan merupana salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia 2-5 tahun.

 

References

Adiaty, V., Kesehatan, M., & Sriwijaya, U. 2020. ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS BERDASARKAN STATUS STUNTING , ASI EKSKLUSIF PADA BALITA YANG TINGGAL DI WILAYAH KUMUH PENDAHULUAN Proses pertumbuhan dan Penelitian yang dilakukan oleh Prasetyowati menunjukkan bahwa anak yang memiliki status g. 5, 18–26.
Ahmad, S. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada. Media Group.
Andarwati, S. M, Z., KEPERAWATAN, 2020. Permainan Lego (Parallel Play) terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 3–6 Tahun. Jurnal.Umb.Ac.Id.http://jurnal.umb.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/480

Andarwati, S. R., & Siam, W. N. 2019. PERMAINAN LEGO (PARALLEL PLAY) TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3–6 TAHUN Siska. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Bambang, 2012. Hakekat Perkembanan Motorik Halus Anak. Dalam http://melyloelhbox.blogspot/2013/05/hakikatperkembangan-motorik-halus-anak.html.Diakses pada 7 April 2014 .
Diana, S., & dkk. 2017. Stimulasi Perkembangan Anak Paud I. Surakarta: CV Kekata Group.
Kemampuan, P., Halus, M., Melalui, A., Menempel, K, 2021 Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Ojs.Unpatti.Ac.Id. Retrieved from http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. No 21 (June)
Lilis, M, N. K. 2017. Pengaruh Teknik Mozaik terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Sain Med, 9 No.1(Kesehatan), 57–61.
Mahmudah, 2015. Hakekat Perkembanan Motorik Halus Anak. Dalam http://melyloelhbox.blogspot/2013/05/hakikatperkembangan-motorik-halus-anak.html.Diakses pada 7 April 2014 .
Nurlaili, M. P. 2019. PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI NURLAILI, M.Pd 2019.
Puspita, L., & Umar, M. Y. 2020. Perkembangan Motorik Kasar dan Halus ditinjau dari Pengetahuan Ibu tentang Pertumbuhan dan Perkembangan anak Usia 4-5 Tahun. Wellness and Healthy Magazine, 2(February), 121–126.
Rahayu, N. Y, 2019. MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL HUDA DESA SUKA MAJU. http://repository.uinjambi.ac.id/3018/
Rahman, U. 2017, Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 12(1) 46-57 DOI: 10.24252/lp.2009v12n1a4
Salim, S., Syukri, M., (2018). PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MOZAIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal.Untan.Ac.Id. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/24161
Seo, S.-M. (n.d.). The effect of fine motor skills on handwriting legibility in preschool age children.
Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., Nusantara, U., & Kediri, P. 2015. MELALUI BERMAIN KOLASE PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI JURNAL PENELITIAN Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna Gelar Sarjana Pendidikan ( S . Pd .) Pada Jurusan PG-PAUD OLEH : AYUK KRISTIANI.
Sudirjo, E dan Muhammad N.A, (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik. Sumedang : UPI Sumedang Pers.
Triana, N., & Health, E. N. (2020), undefined. (n.d.). KORELASI PENCAPAIAN KOMPETENSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRA SEKOLAH (4 TAHUN). E-Journal.Stikeshusadajbg.Ac.Id. Retrieved January 11,fromhttp://www.ejournal.stikeshusadajbg.ac.id/index.php/pwh/article/view/13
Trinurmi. S, 2014. Hubungan Peranan Ayah Dalam Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah diakses dari repository. uin-aulauddin.ac.id pada 7 Mei 2019.
Triwidiyanti, D. 2018. EFEKTIVITAS TERAPI MENGGAMBAR BERKELOMPOK PADA PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI YPAC SEMARANG. Ejournal.Stikestelogorejo.Ac.Id.http://ejournal.stikestelogorejo.ac.id/index.php/ilmukeperawatan/article/view/491
Utara,K.2019.KataSambutan.http://staff.ui.ac.id/system/files/users/aman.pulungan/publication/buku_pkb_9-merged_2017_stunting_what_should_we_do.pdf
Yulianto, D. (n.d.). (PDF) Pengaruh Bermain Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Usia Dini. Retrieved February 3, 2021,fromhttps://www.researchgate.net/publication/330200481_Pengaruh_Bermain_Kolase_Terhadap_Kemampuan_Motorik_Halus_Usia_Dini
Yuliasri, T.R., Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana diakses dari www.googlebooks.co.id pada 23 Januari 2019.
Published
2021-09-22
How to Cite
Apriyanti, P., & Mulya, B. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 2 - 5 TAHUN. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 10(2), 28-36. https://doi.org/10.55045/jkab.v10i2.127