ANALISIS PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK UMUR 4-5 TAHUN

  •  Ade Marlisa Rahmadayanti STIKes Abdurahman Palembang
  •  Bramta Sukma Mulya STIKES Aburahman Palembang
  •  Karneli Karneli Poltekes Kemenkes Palembang
Keywords: brain gym, senam otak, perkembangan motorik, dan motorik halus

Abstract

Brain Gym merupakan beberapa gerakan sederhana yang didesain dapat meoptimalisasi otak. Hal tersebut menyangkut keseimbangan otak bagian kanan-kiri, relaksasi otak belakang dan otak depan. Gerakan tersebut dapat menyerap jumlah kemampuan dalam berkomunikasi lebih cepat. Gerakan yang dapat berpengaruh untuk merengangkan otot dan konsentrasi, pengertian serta pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brain gym terhadap perkembangan motorik halus pada anak umur 4-5 tahun. Dengan menggunakan metode studi literatur maka dilakukan analisis terhadap hasil penelusuran jurnal (e-journal) dan artikel dengan tinjauan teori (e-book). Penelitian ini mengungkapkan bahwa Frekuensi pemberian brain gymterhadap perkembangan motorik halus dapat dilihat dalam waktu 3x seminggu, Lama pemberian senam otak terhadap perkembangan motorik halus pada anak 4-5 tahun 10-15 menit, Lama waktu untuk mendapatkan hasil kemajuan perkembangan motorik halus pada anak adalah 4 minggu. Alat ukur yang digunakan untuk menilai hasil kemajuan perkembangan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun menggunakan KPSP. Efektivitas pemberian senam otak lebih baik daripada metode lainnya (alat permainan edukatif, seperti kartu pasangan, loto warna kotak alpabet dan aktivitas fungsional, seperti berjalan santai, membaca dan menulis) terhadap peningkatan motorik halus pada anak

References

Astuti, E, S; Wahyuningsri; Warastuti, W, 2013. Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Daya Konsentrasi Belajar Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan,20(2), hlm. 233-237
Cahyo, A.N. 2011. Latihan Otak & Daya Ingat dengan Menggunakan Ragam Media Audio Visual. Pertama ed. Jogjakarta: Diva Press
Diana, S; Adiesty, F and Mafticha, E, 2017. BRAIN GYM Stimulasi Perkembangan Anak PAUD I. Surakarta: CV Kekata Group
Diana, S; Mafticha, E; Adiesti, F, 2016. Senam Otak Meningkatan Prestasi Belajar Anak Usia Prasekolah 4-6 Tahun. Jurnal Keperawatan.9(3), hlm 144-147
Kharisma, R, H, 2016. Perbedaan Pengaruh Pemberian Senam Otak Dengan Alat Permainan Edukatif Terhadap Peningkatan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun.Unisa, hlm.1-15
Khasan, U; Siska, G; Oktiawati, Ns. A, 2014. Perbedaan Hasil Pengukuran Perkembangan Balita Menggunakan Denver Developmental Screening Test II (Denver II) Dan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)
Madyastuti, L, R; Twistiandayani, R; Rahayu, A, W, 2018. Pengaruh Senam Otak Terhadap Peningkatan Motorik Kasar Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Kesehatan” Wiraraja Medika”, hlm.8-13
Marliana, S, K; Lamri, Firdaus, R, 2018. Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-5 Tahun Di PAUD INSAN DELIMA SAMARINDA Tahun 2018.Politeknik Kesehatan Kalimatan Timur. hlm.2-8
Muhammad A. 2013. Tutorial Senam Otak untuk Umum. Yogyakarta: Flashbook
Nugroho, I, S; Hardjajani, T; Hardjono, 2008. Pengaruh Pelatihan Brain Gym Terhadap Perkembangan Kemampuan Literacy Pada Anak Kelas Satu Sekolah Dasar, hlm.1-10
Panzilion; Padila; Tria, G; Amin, M; Andri, J, 2020. Perkembangan Motorik Prasekolah Antara Intervensi Brain Gym Dengan Puzzle.Jurnal Keperawatan Silampari.3(2), hlm.510-519
Ryan. 2013. Pengertian Brain Gym atau Senam Otak Dan Gerakan-Gerakan nya. http://webcache. googleusercontent.com. Jurnal Keperawatan. 3(1), hlm.339-347
Samosir, N.R. 2018. Pengaruh Senam Otak Pada Play Therapy Lebih Baik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Ilmiah Fisioterapi (JIF).1(01), hlm.11-19
Sari, L, P; Wahyuni, T, D; Putri, R, M, 2018. Pengaruh Senam Otak Terhadap Peningkatan Motorik Halus Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di PAUD MAWAR Tlogomas Malang. Nursing News.3(1), hlm.3339-347
Sudirman, I, M. 2017. Perbedaan Pengaruh Senam Otak Dan Senam Irama Terhadap Memori Jangka Pendek Anak Usia 5-6 Tahun Di TK. Unisa. hlm.1-16
Wiradnyana, I, Gd. A; Surasena, I, Kt. A, 2019. Pengaruh Aktivitas Senam Otak (Brain Gym) Untuk Meningkatkan Kognitif AUD. Widyacarya.3(2), hlm.65-71
Wulandari, E; Darmawijaya, I P; Permadi, A,W, 2018. Kombinasi Senam Otak Dan Aktivitas Fungsional Rekreasi (AFR) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Autis Di Yayasan Mentari Fajar Jimbaran Badung Bali. Jurnal Kesehatan Terpadu.2(1), hlm.14-19
Published
2023-09-30
How to Cite
Rahmadayanti, A., Mulya, B., & Karneli, K. (2023). ANALISIS PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK UMUR 4-5 TAHUN. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 12(2), 79-86. https://doi.org/10.55045/jkab.v12i2.177