ANALISIS PHBS PADA SMP YANG TELAH MENERIMA ADIWIYATA DAN SMP YANG BELUM MENERIMA ADIWIYATA
Abstract
PHBS school is an attempt to empower students, teachers, and public school environment in order to know, willing and able to practice the behavior, and play an active role in creating a healthy school. In the preservation of the environment, hold government schools clean and healthy school environment so that health-based holding Adiwiyata program to reward the cleanest school in environmental conservation. Adiwiyata program is one program the Ministry of Environment in order to encourage the creation of knowledge and awareness of the school community in efforts to conserve the environment. This study aims to determine the difference in Healthy Lifestyle Behaviours at junior who has attended the program with junior Adiwiyata who have not followed the program Adiwiyata. In this study, researchers used a mixed methods research (mixed methodology). The samples were all citizens of schools (Principals, teachers, students and janitor) in schools and on school Adiwiyata recipients who have not received adiwiyata. Results of the study showed that it was found that there is significant influence between knowledge and attitudes towards Healthy Lifestyle Behaviours at junior who has followed the program with junior Adiwiyata who have not followed the program Adiwiyata (p value 0.005). From the results of research conducted in the can that there is a difference between schools with school Adiwiyata recipients who have not received Adiwiyata to PHBS.
PHBS disekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktikan PHBS, dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat. Dalam pelestarian lingkungan, sekolah pemerintah mengadakan sekolah bersih dan sehat berbasis kesehatan lingkungan sehingga diadakannya program Adiwiyata untuk memberikan penghargaan terhadap sekolah terbersih dalam pelestarian lingkungan. Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat pada SMP yang telah mengikuti program Adiwiyata dengan SMP yang belum mengikuti program Adiwiyata. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian campuran (mixed methodology). Sampel penelitian adalah semua warga sekolah (Kepsek, guru, siswa dan petugas kebersihan) pada sekolah penerima Adiwiyata dan pada sekolah yang belum menerima adiwiyata .Hasil penelitian yang didapatkan bahwa didapatkan bahwa ada pengaruh yang bermakna antara pengetahuan dan sikap terhadap Prilaku Hidup Bersih dan Sehat pada SMP yang telah mengikuti program Adiwiyata dengan SMP yang belum mengikuti program Adiwiyata dengan (p value 0,005). Dari hasil penelitian yang dilakukan di dapat bahwa ada perbedaan antara sekolah penerima Adiwiyata dengan sekolah yang belum menerima Adiwiyata terhadap PHBS.
References
Kementerian Negara Lingkungan Hidup, 2009. Pedoman Pelaksanaan Program,Adiwiyata. KNLH. Jakarta.
Kementerian Lingkungan Hidup, 2011 Panduan Adiwiyata, KLH, Jakarta.
Notoatmodjo,S, 2007 .Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku . PT Rineka Cipta, Jakarta.
Haryadi dan Setiawan, B, 2008. Arsitektur, Lingkungan dan Perilaku. Gajah Mada.University Press, Yogjakarta.
Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 02 Tahun 2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Adiwiyata.
Arikunto,S, 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Notoatmodjo,S, 2010 .Ilmu Perilaku Kesehatan. PT Rineka Cipta Jakarta.
Soeriatmadja, R.E. 1997. Ilmu Lingkungan, ITB, Bandung.
Notoatmodjo,S, 2012 .Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.
Arikunto, Suharmi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rieneka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Ilmu Kesehatan. Jakarta : Rieneka Cipta.
Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.
Jakarta : Salemba Medika.
Copyright (c) 2019 Akademi Kebidanan Abdurrahman. Pusat Informasi dan Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.