HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJARMAHASISWA PADA MATA KULIAH PELAYANAN KELUARGA BERENCANA DI STIKESMITRA ADIGUNA PALEMBANG TAHUN 2014

  •  Septa Orienzah Dosen STIKES Abdurahman Palembang
Keywords: cara belajar, hasil belajar, hubungan cara belajar dengan hasil belajar, learning, learning outcomes, relationships learning with learning outcomes

Abstract

The background of this study was based on the low learning outcomes of students in the course planning services in High School Of Health Sciences Mitra Adiguna Palembang, 200 students only 2.5% mendpat A, 21.25% got a B, 30% got a C, and 46 , 25% received a D. necessitating research on "the relationship learning with student results on the subjects of family planning services in  High School Of Health Sciences Mitra Adiguna Palembang Year 2014". This type of research is descriptive analytic research using correlation study, the respondents of this study were students of the High School Of Health Sciences Mitra Adiguna Palembang field numbered 67 people. Based on the survey results revealed the respondents have the habit of memorizing and reading and less the criteria were respectively of 46.3% (31 people) and 57.7% (36 people). Study abroad with student used the time being, as much as 70.1% (47 people). Habits in answering the questions given by lecturers with the medium category.Learning facilities with medium category which amounted to 62.7% (42 people.Following subjects with moderate category which amounted to 59.7%. In general the results of study respondents ranged at moderate and less indicator where each indicator by 58.2% (39 respondents) and 41.0% (28 respondents) statistical test results obtained by value p = 0,037, it can be concluded that there is a significant relationship between students' learning how to learn the results obtained. With the low results obtained, the student is expected to educators in order to always motivate a high learning to all her students in order to achieve the goals of education are reflected in learning achievement are encouraging. They are expected to board Dormitory to constantly monitor student achievement so that if a decline in learning achievement can immediately give support and encouragement to students to remains active learning.

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini didasari atas masih rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pelayanan KB di Seklah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna Palembang, dari 200 orang mahasiswa hanya 2,5% mendpat nilai A, 21,25% mendapat nilai B, 30 % mendapat nilai C, dan 46,25% mendapat nilai D. sehingga diperlukan penelitian tentang “hubungan cara belajar dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pelayanan KB di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna Palembang Tahun 2014”.  Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan studi korelasi, responden penelitian ini adalah mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna Palembang Tahun 2014 berjumlah 67 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui responden memiliki kebiasaan menghapal dan membaca dengan kriteria sedang dan kurang yakni masing-masing sebanyak 46,3 % ( 31 orang) dan 57,7% (36 orang).  Mahasiswa memanfaatkan waktu balajar dengan sedang, sebanyak 70,1% (47 orang). Kebiasaan dalam menjawab soal yang diberikan oleh dosen dengan kategori sedang. Fasilitas belajar dengan kategori sedang yakni sebesar 62,7% (42 orang. Mengikuti pelajaran dengan kategori sedang yakni sebesar 59,7%. Secara umum Hasil belajar responden berkisar pada indikator sedang dan kurang dimana masing-masing indikator sebesar 58,2% (39 responden) dan 41,0% (28 responden) Hasil uji stastistik diperoleh nilai p = 0,037 makadapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara cara belajar mahasiswa dengan hasil belajar yang diperolehnya. Dengan masih rendahnya hasil yang diperoleh mahasiswa maka diharapkan kepada pendidik agar dapat selalu menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi kepada semua siswa didiknya agar dapat dicapai tujuan pendidikan yang direfleksikan dengan prestasi belajar yang menggembirakan. Serta diharapkan kepada pengurus Asrama untuk dapat selalu memantau prestasi belajar mahasiswa agar apabila terjadi penurunan prestasi belajar dapat segera memberi dukungan dan semangat kepada mahasiswa untuk tetap giat belajar.

 

References

Abdurrahman, Mulyono, Drs., 2003, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Cetakan Kedua, Jakarta; Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, Drs. Prof., 2008, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi), cetakan kedelapan, Jakarta ; Bumi Aksara
Dalyono, M,. Drs,. 2009. Psikologi Belajar, cetakan kelima, Jakarta:Rineka Cipta

Dimyati. Dr., dan Mudjiona. Drs., 2006, Belajar dan Pembelajaran, cetakan ketiga, Jakarta:Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri, Drs., 2008, Psikologi Belajar, cetakan kedua, Jakarta; Rineka Cipta
Hamalik, Oemar, Prof. Drs., 2008, Proses Belajar Mengajar, Edisi Ketujuh, Jakarta; Bumi Aksara
Notoatmodjo, Soekidjo. (2003), Metodologi Penelitian kesehatan, Jakarta:Rineka Cipta
Salam, Burhanuddin, 2004, Cara Belajar Yang Sukses di Perguruan Tinggi, Jakarta: Rineka Cipta
sardiman, M.A., 2002, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Raja Persada Grasindo
Sari, Yulia., 2007, Hubungan Cara Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisiologi Program Studi D-III Kebidanan STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam di Kota Sigli Tahun 2007, Medan; Stikes Mitra Adiguna Palembang
Sitanggang, Irma. (2005). Perilaku Ibu Rumah Tangga Terhadap Merokok di Kecamatan Medan Selayang Tahun 2005. Medan : FKM USU
Slameto, 2003, Balajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, cetakan keempat, Jakarta:Rineka Cipta
Published
2016-03-15
How to Cite
Orienzah, S. (2016). HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJARMAHASISWA PADA MATA KULIAH PELAYANAN KELUARGA BERENCANA DI STIKESMITRA ADIGUNA PALEMBANG TAHUN 2014. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 5(1), 17-23. Retrieved from https://ejournal.stikesabdurahman.ac.id/index.php/jkab/article/view/52