FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA ANAK DI SMA SENTOSA BHAKTI BATURAJA

  •  Yeviza Puspitasari STIKes Al-Ma'Arif
Keywords: Perkembangan Emosional Anak, Pola Asuh

Abstract

Latar Belakang: Emosi negatif yang tidak dikelola dengan baik dapat mempengaruhi fisik, seperti menyebabkan masalah tidur, gangguan makan, tekanan darah tinggi, dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, selain itu dapat menyebabkan hubungan sosial yang buruk, kinerja dan produktivitas menurun, peningkatan perilaku beresiko dan kesulitan dalam pengembangan diri.

Tujuan: Untuk mengetahui faktor – faktor dalam perkembangan emosional anak di SMA Sentosa Bhakti Baturaja Kabupaten OKU tahun 2025.

Metode: Metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Sample dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Sentosa Bhakti Baturaja yaitu sebanyak 129 siswa.

Hasil penelitian: Pada analisa bivariat didapatkan Ada hubungan yang bermakna antara pola asuh orang tua dengan perkembangan emosional anak dengan p value = 0,018, ada hubungan yang bermakna antara Pendidikan Ibu dengan perkembangan emosional anak dengan p value = 0,042 ada hubungan yang bermakna antara pekerjaan ayah dengan perkembangan emosional anak dengan p value = 0,001, ada hubungan yang bermakna antara pekerjaan ibu dengan perkembangan emosional anak dengan p value = 0,006, Ada hubungan yang bermakna antara pendapatan orang tua dengan perkembangan emosional anak dengan p value = 0,000 dan Tidak ada hubungan yang bermakna antara Pendidikan ayah dengan perkembangan emosional anak dengan p value = 0,426

 

Kesimpulan: Ada hubungan antara pola asuh orang tua, pendidikan, pekerjaan dan pendapatan dengan perkembangan emosional anak.

References

Ekpenyong, CE, et all. 2013. Lactational Amenorrhoea Method Of Contraception: An In-Depth Study Of Awareness, Knowledge And Practice By Breast Feeding Mothers With Unintended Pregnancies. International Journal Of Medicine And Medical Sciences Vol 5(1), Pp. 6-13

Fitriyani, L. (2015), Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak. Lentera : Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Vol XVIII(1).

Harismi, A. 2020. Klasifikasi Umur Menurut WHO dan Masalah Kesehatannya. Sehat Q dan Kemenkes RI. Kemenkes RI.

Hidayah, R., Yunita, E. dan Utami, Y.W. (2011), Hubungan pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional anak usia prasekolah (4-6 tahun) di tk senaputra kota malang. Jurnal Keperawatan Vol 4(2).

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak., (2018). Profil Anak Indonesia 2018. Jakarta: KPPA.

Kholifah (2018), Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Aud Tk Muslimat Nu 1 Tuban, Jurnal Pendidikan Anak Vol 7 (1)

Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan.2018 Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmadaniar Aditya Putri dkk (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Emsional Anak Prasekolah. Jurnal KeperawatanVol 16 (1)

Sukatin dan Al-faruq, S.S., (2020). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Published
2025-09-19
How to Cite
Puspitasari, Y. (2025). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA ANAK DI SMA SENTOSA BHAKTI BATURAJA. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 14(2), 221-226. https://doi.org/10.55045/jkab.v14i2.255