The RELATIONSHIP BETWEEN MOTIVATION AND READINESS WITH STUDENTS' LEARNING ACHIEVEMENT IN DIII MIDWIFERY SEMESTER II AT AKBID PRIMA HUSADA BOGOR, 2016

  •  Rani Purwani STIKES Abdurahman Palembang
Keywords: Motivation, Learning Readiness, Learning Achievement.

Abstract

ABSTARCT

 

The research was conducted based on a preliminary study conducted at the Prima Husada Academy in Bogor in 2017 and found that there were many low learning outcomes for DIII midwifery students in semester II (GPA <2.75). The purpose of this study was to find out the relationship between motivation and learning readiness with learning achievement of midwifery DIII students in semester II at the Prima Husada Academy Bogor in 2017. This type of research is quantitative analytic, using a cross sectional approach. The population in this study were all second semester students of Akbid Prima Husada Bogor, namely 158 students. The samples taken were 63 students. The sampling method is simple random sampling technique and uses the Lemeshow formula. This research was conducted in May 2017. The results showed that there was a relationship between motivation and learning achievement with a P value = 0.001 (P <0.05) and there was a relationship between learning readiness and learning achievement with a P value = 0.001 (P < 0.05). Based on the results of the study it can be concluded that there is a significant relationship between motivation and learning readiness on learning achievement. It is hoped that future research will use a different research design in order to obtain different research findings.

References

DAFTAR PUSTAKA
1. UU RI, 2012. Undang-undang Republik Indonesia no.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
2. Kirnantoro. 2008. Jurusan Kebidanan Masih Menjadi Favorit. Yogyakarta: Wordpress.com
3. Firdaus. 2011. Jurusan Kebidanan Mendominasi. Medan: Tribunnews.com
4. Universitas Padjajaran. 2013. Hubungan Antara Cara Belajar, Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kehamilan I dengan Kemampuan Antenatal Care Mahasiswa Tingkat II Akkes Swakarsa Tahun 2012/2013. Bandung: Universitas Padjajaran.
5. Riana, Irawan. 2016. Hubungan Motivasi, Kebiasaan Belajar, dan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Neonatus pada Mahasiswi Semester III di Jurusan Kebidanan Poltekes Kemenkes Jakarta III.
6. Tri Anni. Chatarina. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
7. Dalyono. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
8. Bahri, Syaiful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
9. Cholidah Khusnul Chotimah. 2015. Hubungan Motivasi dan Minat Masuk Program Studi DIII Kebidanan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa STIKes Icsada Bojonegoro.
10. Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
11. Desi, Mulyani. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
12. Istiqomah. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dan Set Praktikum Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Arus Bolak-Balik.
13. Akbid Prima Husada. Data Akademik Nilai Tingkat I Semester II Tahun 2014-2016. Bogor
14. Moh. Surya. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Qraisy
15. Azwar. 2009. Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
16. Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
17. Sugihartono. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
18. Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
19. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
20. Suwarno. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: AR-ruzz Media
21. Setiyono. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akutansi XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri.
22. Uno, H.B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
23. Trisunarsih. 2009.
24. Notoadmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Medika
25. Hidayat. A.A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika
26. Djamara, SB. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
27. Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
28. Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta
29. Sugiyanti. 2009. Hubungan antara Disiplin Belajar, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Sukoharjo. Universitas Sebelas Maret
30. Handayani. 2008. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Minat dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah KDM I pada Mahasiswa Semeseter I Akper Giri Satria Husada Wonogiri.
31. Agus widyatmo. 2010. Hubungan Minat dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Anatomi Fisiologi pada Mahasiswa DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
32. Notodmodjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Medika
33. Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfa Beta
34. Hidayat. A.Aziz Alimul. 2012. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika
35. Ridwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta
Published
2022-09-30
How to Cite
Purwani, R. (2022). The RELATIONSHIP BETWEEN MOTIVATION AND READINESS WITH STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENT IN DIII MIDWIFERY SEMESTER II AT AKBID PRIMA HUSADA BOGOR, 2016. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 11(2), 29-34. https://doi.org/10.55045/jkab.v11i2.148