HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN DAN ALAT BANTU BELAJAR MENGAJAR (ABBM) DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN STIK BINA HUSADA PALEMBANG

  •  Indah Rahmadaniah Dosen Stikes Abdurahman Palembang
Keywords: Kompetensi profesional dosen, ABBM, prestasi akademik

Abstract

The cause of the low quality of education in Indonesia, among others, is a matter of effectiveness, efficiency and standardization of teaching. Feasibility of teaching is clearly related to the level of teacher education itself. The purpose of this study to determine the relationship of professional competence of faculty and teaching and learning aids to students' academic of Midwifery DIII Studies Program STIK Bina Husada Palembang. The study design was analytical research using cross sectional approach. The population of this study are all students level I and II of Midwifery DIII Studies Program, amounting to 197 students, with about 132 respondents in the sample taken by means Proportionate stratified random sampling. The results mostly have high academic achievement of 124 respondents (93.3%), and have low academic achievement of 8 respondents (6.1%), most have a high competence that is 97 respondents (73.5%) and had low competencies of 35 respondents (26.5%), most have ABBM standard of 129 respondents (97.7%) and having an ABBM no standard that is 3 respondents (2.3%). Test statistic Chi-Square found a significant correlation between professional competence of faculty with academic achievement (p value =0.030) and ABBM with academic achievement (p value =0.009).

Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah efektifitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran. Kelayakan mengajar itu jelas berhubungan dengan tingkat pendidikan guru itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan kompetensi profesional dosen dan alat bantu belajar mengajar dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan STIK Bina Husada Palembang. Rancangan penelitian adalah penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah adalah seluruh mahasiswa tingkat I dan II Prodi DIII Kebidanan yang berjumlah 197 mahasiswa, dengan sampel sebanyak 132 responden diambil dengan cara Proportionate Stratified random sampling. Hasil yang didapat sebagian besar memiliki prestasi akademik yang tinggi yaitu 124 responden (93,9%), dan memiliki prestasi akademik yang rendah yaitu 8 responden (6,1%), sebagian besar memiliki kompetensi yang tinggi yaitu 97 responden (73,5%), dan memiliki kompetensi yang rendah yaitu 35 responden (26,5%), sebagian besar memiliki ABBM standar yaitu 129 responden (97,7%), dan memiliki ABBM tidak standar yaitu 3 responden (2,3%). Hasil uji statistik Chi-Square didapatkan ada hubungan yang bermakna antara kompetensi profesional dosen dengan prestasi akademik  (p value =0,030) dan ABBM dengan prestasi akademik  (p value =0,009).

References

Depkes RI. 1991. Pedoman Alat Bantu Belajar Mengajar (ABBM) Program Pendidikan Bidan. Jakarta Pusat pendidikan tenaga kesehatan.
Fathurrohman P. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Refika Aditama
Hidayat AA, Metode penelitian kebidanan dan teknik analisis data. Jakarta: Salemba Medika, 2007:101-2,105,121-2.
Meilankasim. 2007. Masalah Pendidikan di Indeonesia http://meilankasim.wordpress.com.2007 diakses tanggal 5 Juli 2010
Notoatmodjo S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta
Pujasari, 2009. Pengaruh kompetensi professional guru terhadap keberhasilan belajar siswa di SMU Negeri 2 Cimahi.
Sugiyono, 2008. Metode Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung. Alfabeta
Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta. Depdiknas RI, 2003
Yusuf hadi. 2009. Sinopsis Kompetensi Guru http://yusufhadi.net/wp.contens/uploads/2009 diakses tanggal 10 Juli 2010
Zainuddin. Tahap Penggunaan Alat bantu Mengajar Dikalangan Guru Pelatih. http://ipb/edumy.com.2007 diakses tanggal 5 Juli 2010
Published
2012-09-17
How to Cite
Rahmadaniah, I. (2012). HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN DAN ALAT BANTU BELAJAR MENGAJAR (ABBM) DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN STIK BINA HUSADA PALEMBANG. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 1(2), 46-54. Retrieved from https://ejournal.stikesabdurahman.ac.id/index.php/jkab/article/view/14