UJI EFEKTIVITAS ANTIINFLAMASI EKSTRAK ETANOL DAUN DURIAN (Durio zibenthinus Murray) TERHADAP TIKUS PUTIH JANTAN

  •  Geri Febriyanto STIKes Abdurahman Palembang
  •  Sri Hidayati STIKES Abdurahman Palembang
Keywords: daun durian, tikus putih jantan

Abstract

Salah satu tanaman yang berkhasiat obat adalah durian (Durio zibethinus Murray). Durian merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara. Dengan sinonim Durio acuminatissima Merr. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak dan konsentrasi ekstrak daun beluntas (Pluchea indica L.) pada mencit putih jantan galur swiss webster yang diinduksi Oleum ricini. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan jumlah tikus yang digunakan dalam tiap kelompok adalah lima ekor. Jadi tikus yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25 ekor. Populasi dalam penelitian ini menggunakan daun durian tua dan segar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skrining fitokimia ekstrak etanol daun durian (Durio zibenthinus murray)  menunjukkan adanya senyawa flavonoid, steroid dan saponin, ada efek antiinflamasi ekstrak etanol daun durian (Durio zibenthinus Murray), dan ada pengaruh konsentrasi terhadap efek antiinflamasi ekstrak etanol daun durian (Durio zibenthinus Murray). Dosis 400mg/KgBB merupakan dosis yang menunjukan efek antiinflamasi paling baik dibanding dengan dosis 200mg/KgBB dan dosis 800mg/KgBB.

References

Azizah, M & Fitriani. 2015. Efek Antiinflamsi dari Ekstrak Kulit Buah Durian (Durio zibethinus Murr) Terhadap Tikus Putih Jantan. Scientia Vol 5 No.2.
Badan POM RI, 2010, Acuan Sediaan Herbal ,Vol.5, Edisi I. Jakarta: Direktorat Obat Asli Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia hal 30–31.
B. F. Gibbs, S. Kermasha, I. Alli, C. N. Mulligan. 2013. Encapsulation in the food industry: a review, International Journal of Food. Sciences and Nutrition, vol. 50, no. 3, hal. 213-224.
M. Azizah, F. Fitriani. 2015. Efek Antiinflamasi dari Ekstrak Kulit Buah Durian (Durio zibethinus Murray) terhadap Tikus Putih Jantan. Scientia, vol. 5, no. 2, hal. 74-78.
R. D. Kusumaningtyas, H. Suyito, R. Wulansarie. 2017. Pengolahan Limbah Kulit Durian di Wilayah Gunungpati Menjadi Biopestisida yang Ramah Lingkungan. Rekayasa, vol. 15, no. 1, hal. 38-43, 2017

Tjay dan Rahardja. 2012. Obat-Obat Penting, Edisi ke-8. Jakarta: Penerbit Elex Media. Komputindo.
Katno, dan Pramono. 2010. Tingkat Manfaat dan Keamanan Tanaman Obat dan Obat Tradisional. Yogyakarta: Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada.
Published
2023-08-30
How to Cite
Febriyanto, G., & Hidayati, S. (2023). UJI EFEKTIVITAS ANTIINFLAMASI EKSTRAK ETANOL DAUN DURIAN (Durio zibenthinus Murray) TERHADAP TIKUS PUTIH JANTAN. JURNAL FARMASI ABDURAHMAN, 1(2), 1-6. Retrieved from https://ejournal.stikesabdurahman.ac.id/index.php/JFA/article/view/185