PENGETAHUAN MOBILISASI DINI DENGAN KEMANDIRIAN MERAWAT DIRINYA DAN BAYINYA PADA IBU PASCA OPERASI SECTIO CAESAREA

  •  Willy Astriana Dosen Tetap Prodi DIII Kebidanan, STIKES Al-Ma’arif Baturaja
Keywords: Mobilisasi, Sectio Secarea, Mobilization, Sectio Caesarea

Abstract

Mobilization is very useful to help the course of healing patients. The progress of mobilization depends also on the types of operations performed and the complications that may be encountered. Tilting to the right and left can begin after 6-10 hours after the patient is conscious. Using cross sectional analytic survey. The population in this study was postoperative mothers in caesarean section. The sampling technique uses the Accidental Sampling method. The instrument in this study used a questionnaire sheet. From the chi-squre statistical test results obtained p value 0.002 <0.05, this shows that there is a significant relationship between knowledge of early mobilization with the independence of caring for herself and her baby. There is a Knowledge Relationship between Early Mobilization and Independence Caring for Her and Her Baby in Post-Caesarean Sectio Mothers.

Mobilisasi sangat berguna untuk membantu jalannya penyembuhan penderita. Kemajuan mobilisasi bergantung pula pada jenis - jenis operasi yang dilakukan dan komplikasi yang mungkin dijumpai. Miring ke kanan dan ke kiri sudah dapat dimulai setelah 6-10 jam setelah penderita sadar. Menggunakan survey analitik Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu post operasi sectio caesarea. Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar Kuesioner. Dari hasil uji statistik chi-squre diperoleh p value 0,002< 0,05 hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan mobilisasi dini dengan kemandirian merawat dirinya dan bayinya. Ada Hubungan Pengetahuan Mobilisasi Dini Dengan Kemandirian Merawat Dirinya Dan Bayinya Pada Ibu Pasca Operasi Sectio Caesarea.

 

References

Ariani, Ayu Putri. 2014. Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan dan Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Fauza, Zahrati. 2013. Hubungan Mobilisasi Dini Pada Ibu Postpartum Dengan SC Terhadap Proses Percepatan Pemulihan Postpartum DiRuang Kebidanan RS Banda Aceh. Banda Aceh : Stikes U’budiyah.
Manuaba, Ida Ayu Chandranita. 2011. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.
Mochtar, Rustam. 2012. Sinopsis Obstetri. Jakarta : EGC
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka.
Pitis, Demetria. 2011. Hubungan Pengetahuan Mobilisasi Dini Dengan Kemandirian Merawat Dirinya Dan Bayinya Pada Ibu Pasca Operasi SC Di Ruang Rawat Gabung Rumah Sakit Anak Dan Bunda Harapan Kita. Jakarta.
Prawirohardjo, Sarwono. 2012. IlmuKebidanan. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Potter & Perry, Buku Ajar Fundamental Keperawatan. 2012. Jakarta: EGC
Rohani, dkk. 2011 Asuhan Kebidanan Pada Masa Persalinan. Jakarta : Salemba Medika
Sujiyatini, dkk. 2011. Asuhan Kebidanan II (Persalinan. Yogyakarta : Rohima Press.
Sumantri, Arif. 2013. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : EGC.
Vivian Nanny, dkk. 2011. Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas. Jakarta : Salemba Medika.
Yuliati. 2011. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Mobilisasi Dini Post Sectio Caesaria dengan Pelaksanaan MobilisasiDini di Ruang Melati RSUD Saras Husada Purworejo.
Published
2019-09-16
How to Cite
Astriana, W. (2019). PENGETAHUAN MOBILISASI DINI DENGAN KEMANDIRIAN MERAWAT DIRINYA DAN BAYINYA PADA IBU PASCA OPERASI SECTIO CAESAREA. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 8(2), 12-18. Retrieved from https://ejournal.stikesabdurahman.ac.id/index.php/jkab/article/view/92