FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA 12-59 BULAN DI KELURAHAN TALANG JAWA KABUPATEN OKU

  •  Fera Novitry STIKES Al-Ma’arif Baturaja, Program Studi Kesehatan Masyarakat
  •  Dina Permatasari STIKES Al-Ma’arif Baturaja, Program Studi Kesehatan Masyarakat
Keywords: Kejadian Pneumonia Pada Balita

Abstract

Pneumonia is the main cause of death in children under five, based on data from the OKU District Health Office, the most pneumonia cases are in the work area of ​​Tanjung Agung Health Center as many as 202 cases and outbreaks with the most pneumonia cases in Talang Jawa Village as many as 60 cases. The purpose of this study was to study the factors related to the incidence of pneumonia in toddlers 12-59 months in Talang Jawa village, the working area of ​​UPTD Tanjung Agung Community Health Center, West Baturaja District, OKU Regency. This type of research is Cross Sectional, data collection is done by observation and direct interviews using a questionnaire. The sample in this study consisted of 181 samples taken by respondents. The results of the bivariate analysis using the chi square test are that there is a relationship between smokers in the house and the incidence of pneumonia on the balitia (p value 0.007), there is a relationship related to the use of drugs related to the incidence of pneumonia in infants (p value 0,000 ), there is a relationship that contributes between the density of occupancy with the incidence of pneumonia in infants (p value 0,000), there is a relationship that is related between the extent of the house with the incidence of pneumonia in infants (p value 0,000). Suggestions, for the Tanjung Agung Public Health Center so that there is always a development of pneumonia cases in infants that occur in Talang Jawa Village, the Work Area of ​​Tanjung Agung Health Center.

Pneumonia merupakan penyebab utama kematian pada balita, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, kasus pneumonia terbanyak adalah di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Agung sebanyak 202 kasus dan keluarahan dengan kasus pneumonia terbanyak ada di Kelurahan Talang Jawa sebanyak 60 kasus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita 12-59 Bulan Di Kelurahan Talang Jawa Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Tanjung Agung Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten OKU. Jenis penelitian ini adalah Cross Sectional, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil perhitungan besar sampel sebanyak 181 sampel yang dijadikan responden. Hasil analisis secara bivariat dengan menggunakan uji chi square yaitu ada hubungan yang bermakna antara keberadaan perokok di dalam rumah dengan kejadian pneumonia pada balitia (p value 0,007), ada hubungan yang bermakna antara penggunaan obat nyamuk bakar dengan kejadian pneumonia pada balita (p value 0,000), ada hubungan yang bermakna antara kepadatan hunian dengan kejadian pneumonia pada balita (p value 0,000), ada hubungan yang bermakna antara luas ventilasi rumah dengan kejadian pneumonia pada balita (p value 0,000). Saran, bagi puskesmas tanjung agung agar selalu mengawasi perkembangan kasus pneumonia pada balita yang terjadi di Kelurahan Talang Jawa Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Agung.

 

References

Amalina, 2014. Angka Kejadian Pneumonia pada Pasien Sepsis Di ICU RSUP DR. Kariadi. Semarang. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia.
Bustan, 2007. Epidemiologi Penyakit Tidak Menular. Jakarta : Rineka Cipta.
CDC, 2016. Pneumonia. Tersedia : www.cdc.gov/.../pneumonia.htm..
Depkes RI, 2018. Data dan Profil Kesehatan Indonesia tahun 2018. Jakarta : Depkes RI.
Depkes Sumsel, 2015. Data dan Profil Kesehatan Sumatera Selatan 2018. Palembang : Depkes Sumsel
Dewiningsih, 2018. Faktor Lingkungan dan Prilaku Kejadian Pneumonia Balita Usia 12-59 bulan. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia.
Dinkes OKU, 2018. Data dan Profil Kesehatan Ogan Komering Ulu tahun 2018. OKU : Dinkes OKU.
Ditjen PP dan PL, 2011. Rencana Kerja Jangka Menengah Nasional: Penanggulangan Pneumonia Balita Tahun 20011-20015. Jakarta: Depkes RI.
___________________, 2014. Rencana Kerja Jangka Menengah Nasional: Penanggulangan Pneumonia Balita. Jakarta: Depkes RI.
Domili, 2014. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian Pneumonia pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Globak Mongolato. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia.
Fahimah, 2014. Kualitas Udara Rumah dengan Kejadian Pneumonia Anak Bawah Lima Tahun. Jawa Barat. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia.
Fidarani, 2017. Gambaran Pelaksanaan Tatalaksana Pneumonia Balita Dipuskesmas Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia.
Indrayani. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Pneumonia Pada Bayi Di Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia. Sumatera Utara.
Kemenkes RI, 2015. Modul Tatalaksana Pneumonia. Cetakan Edisi 2015. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI.
Notoatmodjo, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Novianti, 2017. Pengaruh Obat Nyamuk Bakar Terhadap Kesehatan. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia.
Pratiwi, 2017. Hubungan Anatar Faktor Prilaku Orang Tua Dengan Kejadian Pneumonia Balita Di Wilah Kerja Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia.
Safrizal, 2017. Hubungan Ventilasi, Lantai, Dinding, dan Atap dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita. Aceh : Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia.
Suryani, 2018. Faktor Risiko Lingkungan yang Berhubungan dengan Kejadian Pneumonia pada Balita. Bengkulu : Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia.
Trisiyah, 2018. Hubungan Kondisi Lingkungan Rumah dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Taman Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia.
UNICEF, 2015. Pneumonia The Forgotten Killer of Children. Diakses 12 Maret 2019. Tersedia: http://www.unicef.org/publications/files/pneumonia_the_forgotten_killer_of_children.pdf.
WHO, 2011. Pneumonia. Diakses 10 maret 2019. Tersedia: http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs331/en/.
____, 2015. Pneumonia. Diakses 10 maret 2019. Tersedia: http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs331/en/.
____, 2016. Pneumonia. Diakses 10 maret 2019. Tersedia: http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs331/en/.
Published
2020-09-25
How to Cite
Novitry, F., & Permatasari, D. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA 12-59 BULAN DI KELURAHAN TALANG JAWA KABUPATEN OKU. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 9(2), 25-32. https://doi.org/10.55045/jkab.v9i2.110